Sunday, October 25, 2015

Mengkonsumsi Cokelat Dapat Membuat Jantung Sehat dan Otak Anda Lebih Cerdas

Dark chocolate telah lama dikaitkan dengan manfaat kesehatan tertentu. Namun sebuah studi yang baru-baru ini yang dilakukan oleh peneliti Loma Linda University, California, menunjukkan bahwa selain lezat, dark chocolate juga kaya nutrisi dan juga dapat meningkatkan memori, meningkatkan kecerdasan, dan bahkan membuat suasana hati yang memakannya menjadi lebih baik (mood booster).

Penelitian awal menunjukkan bahwa dark chocolate (coklat hitam) dengan kandungan kakao minimal 70 persen mempengaruhi daerah otak yang berhubungan dengan pembelajaran dan memori, meningkatkan pertumbuhan dan regenerasi sel saraf, meningkatkan fungsi otak dan komunikasi, peningkatan aliran darah, dan pembentukan pembuluh darah di otak dan sistem sensorik.

"Penelitian kami untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa ada hubungan yang mungkin dari kegiatan neuroelectric dari cokelat yang memicu proses mekanisme penalaran otak dan kecerdasan, sinkronisasi, memori, daya ingat, mood, dan perilaku," ujar Lee Berk, dokter yang memimpin tim penelitian dari lembaga Gereja Masehi Advent Hari Ke-tujuh di Loma Linda, California Selatan.

Berk mengatakan, temuan awal yang didapatkan oleh timnya mewakili "gelombang masa depan" untuk studi tentang manfaat "cokelat yang sehat" pada otak sehingga masih diperlukan penelitian lanjutan.

Apabila ingin merasakan manfaat langsung cokelat hitam, cari dan konsumsilah cokelat yang tidak ditambahkan bahan-bahan lain seperti susu dan gula. Rasanya memang pahit namun manfaatnya sungguh tidak terkira

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa coklat hitam mengandung antioksidan kuat dan anti-inflamasi yang meningkatkan kesehatan jantung sehingga bisa mengurangi risiko serangan jantung.

Temuan terbaru mungkin menimbulkan pertanyaan di kalangan orang-orang percaya Advent yang bertanya-tanya apakah cokelat harus dikonsumsi sama sekali. Allen R. Handysides dan Peter N. Landless, mantan dan sdireksi terkini dari departemen kementerian kesehatan dunia Gereja Advent, telah menepis kekhawatiran tersebut.

"Banyak perdebatan (tentang cokelat) berasal dari pernyataan mengulangi bahwa cokelat mengandung kafein," ujar dua dokter tersebut yang menulis sebuah artikel mengenai cokelat dan kafein yang diterbitkan di Adventist Review pada tahun 2007. "Bahkan, kandungan kafein sama sekali tidak sebanding dengan bahwa dalam teh, kopi, atau minuman berkafein. Kandungan kafein pada cokelat ternyata amat kecil yaitu hanya 10% kandungan kafein pada kopi hitam, sehingga beberapa faktor dalam coklat sebenarnya bisa sangat menyehatkan. " tambah dr. Handysides.

Para dokter mencatat bahwa dark chocolate (bukan coklat susu atau coklat putih). memainkan peran yang amat penting dalam menurunkan tekanan darah.

Dr. Landless menambahkan "Yang perlu digarisbawahi adalah bahwa seseorang harus menggunakan cokelat asli dan bukan cokelat campuran yang banyak beredar di pasaran mengingat banyak produk cokelat yang telah ditambahkan gula"

"Susu coklat sering kaya lemak dan gula," kata Landless. Oleh karena itu, pastikan untuk menyeimbangkan diet dengan berbagai makanan yang kaya antioksidan dan fitokimia yang ditemukan dalam buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran."

Handysides juga menyinggung mengenai salah satu pendiri Gereja Masehi Advent Hari Ke-tujuh, Ellen G. White yang memiliki keprihatinan tentang cokelat di hari itu. Handysides menunjukkan bahwa pemeriksaan daftar belanja yang diarsipkanmenunjukkan bahwa Ny. White juga membeli cokelat. Namun yang dikonsumsi Ny. White adalah cokelat asli dan bukannya cokelat dengan tambahan bahan-bahan lain yang marak dikonsumsi pada zaman tahun 1800-an hingga masa ini.

Berk mempresentasikan penemuan tim Loma Linda University di Neuroscience 2015, sebuah pertemuan tahunan Society for Neuroscience, di Chicago pada 18 Oktober 2015 lalu.
(Adventist Review)

No comments:

Post a Comment