Thursday, November 19, 2015

Tips-tips Menghindari Biaya Tambahan Saat Menginap Di Hotel

Hotel selalu mengharapkan bisa memaksimalkan pemasukan dari para tamunya. Salah satunya dengan memaksimalkan keterisian kamar. Selain itu, mereka dapat mendulang pemasukan yang tak sedikit dari beberapa pos yang mereka usahakan namun tidak pernah disadari oleh tamu.

Menurut Cheyl Rosner, CEO Stayful, karena begitu banyak biaya yang dikenakan, maka para tamu merasa sulit untuk mencari tahu biaya apa saja yang dibebankan kepada mereka saat mereka memesan kamar.

Tarif Hotel
Jangan segan untuk bertanya kepada petugas Front Office mengenai fasilitas dan tarif layanan hotel

Para tamu sering tidak tahu telah dibebankan berbagai biaya sampai akhirnya mendapat lembar penagihan saat check-out. Karena banyak tamu yang masih belum mengetahui mana saja fasilitas hotel yang gratis dan mana saja fasilitas hotel yang berbayar.

Berikut ini adalah 8 fasilitas umum pada hotel yang kadang-kadang malahan membebankan biayanya kepada tamu mereka berikut cara yang dapat Anda terapkan untuk menghindari tagihan tersembunyi ini. Anda

1. Wifi
Biaya fasilitas ini menduduki peringkat biaya yang paling ditakuti dari survei terbaru yang dilakukan kepada pengguna Stayful. Rosner mengatakan bahwa hotel sering mengiklankan bahwa mereka memiliki fasilitas Wi-Fi gratis, tapi yang gratis itu hanya dapat diakses di lobby. Jika Anda mengakses di kamar, mungkin Anda akan dikenai biaya sampai US$ 15 atau lebih per malam. Salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan mendaftarkan diri Anda untuk program loyalitas sebuah hotel, yang biasanya menawarkan banyak benefit gratis. Loyality Program ini, kata Rosner memungkinkan Anda mendapatkan akses WiFi secara cepat, instan dan gratis.

Selain itu, ada cara lain yang kuno dan sederhana. Jika Anda memiliki smartphoneyang dilengkapi dengan fitur WiFi tethering, maka gunakanlah fitur tersebut sebagai hotspot WiFi untuk komputer Anda dan komputer anggota keluarga atau kolega Anda. Pastikan Anda sudah mendaftarkan layanan internet operator Anda untuk dapat menikmati fasilitas tersebut.

2. Parkir
Di beberapa kota di luar negeri, hotel menarik biaya sebesar US$ 45 per malam untuk tamu untuk memarkir mobilnya di fasilitas parkir milik hotel. Untuk menghindari biaya tinggi ini, Rosner menyarankan agar mencari lapangan parkir gratis atau (kalau terdesak) menyewa garasi milik penduduk. Atau Anda dapat membayar parkir dengan murah menggunakan kupon. Misalnya, Icon Parking Systems yang menerbitkan kupon untuk tarif parkir diskon di lebih dari 200 tempat di seluruh New York City. Pilihan lain adalah mencari hotel di luar kota karena hotel pinggiran kota cenderung tidak membebankan biaya parkir kepada tamunya. Selain itu, tarif sewa kamarnya pun lebih murah daripada tarif kamar hotel di wilayah perkotaan.

3. Resort
Biaya-biaya memang bervariasi sesuai jenis penginapannya, tapi biasanya mencakup fasilitas dan layanan seperti handuk dan air minum kemasan di kolam renang, spa atau gym. Nah, untuk penginapan berkelas resort, meraka tidak selalu menampilkan biaya yang akan dibebankan kepada tamu di situs web mereka sampai Anda masuk ke tahap akhir dalam proses pemesanan. 

Namun, situs-situs pemesanan hotel seperti Stayful dan Getaroom.com menampilkan biaya-biaya tersebut di laman web mereka sehingga membuat Anda lebih mudah untuk menghitung dan membandingkan biaya dengan penginapan lain. Namun ada satu yang yang perlu digarisbawahi yaitu Anda harus memberitahu pihak resor sebelumnya apabila Anda tidak berencana untuk menggunakan fasilitas dan jasa lain yang dikenakan biaya. Faktanya, ada banyak pengelola resort yang tidak membebankan biaya tambahan kepada para tamu yang ingin menggunakan fasilitasnya.

4. Mini-bar
Kebanyakan tamu hotel sudah tahu bahwa makanan ringan dan minuman di mini-bar hotel tidak gratis dan harganya jauh lebih mahal daripada harga pasar. Tapi apakah Anda tahu ada "trik cerdik" yang diterapkan oleh hotel sehingga Anda dikenakan biaya saat Anda mengonsumsi makanan atau minuman di dalam kulkas mini-bar di kamar hotel. Anda tidak akan bisa berbohong saat ditagihkan biaya ketika hendak check out kalau Anda mengkonsumsi item tersebut.

Hal ini bisa terjadi karena banyak hotel memasang sensor tersembunyi dalam kulkas yang dapat mendeteksi item-item dalam minibar berkurang atau ditambahkan. Jika Anda dikenakan biaya untuk sesuatu yang tidak Anda konsumsi dari kulkas minibar hotel, jangan segan untuk menunjukkan kepada petugas hotel bahwa isi dan kemasannya masih utuh dalam kulkas. Juga hati-hati dengan air minum kemasan botol atau sekeranjang makanan ringan yang Anda temukan saat Anda memasuki kamar, karena mungkin tidak gratis. Apabila Anda tidak melihat label "Gratis" atau "Harga" pada item tersebut, jangan segan untuk bertanya kepada Front Office.

5. Extra person
Telitilah kebijakan standar layanan hotel mengenai jumlah tamu maksimal dalam satu kamar karena apabila ada lebih dua orang yang akan menginap dalam satu kamar, maka biasanya hotel akan mengenakan tarif tambahan untuk orang ketiga (tarif biasanya didasarkan pada double occupancy atau sesuai tarif satu kamar). Peraturan ini bahkan dapat dikenakan kepada keluarga yang bepergian dengan anak-anak. Memang benar bahwa banyak hotel tidak mengenakan biaya tambahan untuk anak-anak, namun definisi "anak" dapat bervariasi oleh hotel. Umumnya, hotel tidak mengenakan biaya tambahan untuk anak-anak yang berusia kurang dari atau sama dengan 12 tahun. Jadi untuk menghindari terkena biaya dobel, Anda harus menyadari hal itu sebelum Anda memesan sehingga Anda dapat mencari hotel lain dengan kebijakan layanan yang lebih longgar.

6. Kebijakan early check-in dan late check-out
Untuk hotel di luar negeri, waktu check in biasanya pukul 03:00, dan waktu check-out biasanya pukul 11:00. Jika Anda membutuhkan lebih banyak waktu, tanyakan kepada petugas Front Office untuk memastikan Anda tidak dikenakan biaya tambahan apabila melakukan check-in lebih cepat atau check-out lebih lambat dari waktu yang ditetapkan oleh pihak hotel. 

Cara lain untuk menghindari biaya tambahan ini adalah dengan mendaftar pada program loyalitas hotel, yang dapat mencakup kelonggaran waktu check-out sebagai salah satu benefitnya.

7. Penyimpanan bagasi  dan barang-barang bawaan 
Untuk menghindari biaya yang akan dikenakan apabila Anda terlambat check-out akibat Anda direpotkan dengan barang bawaan Anda sehingga Anda terlambat keluar kamar, sebaiknya satukan saja barang-barang dengan kategori keperluan yang sama dalam satu tas atau kantong. Sehingga Anda bisa tenang saat hendak berbelanja oleh-oleh, misalnya, sebelum Anda pulang. 

Apabila Anda membutuhkan kantong, jangan segan untuk bertanya kepada petygas hotel apakah dikenakan biaya tambahan untuk kantong-kantong tersebut. Jangan takut dibilang pelit oleh petugas hotel, karena bagaimana pun juga Anda adalah konsumen. Anda rajanya.

8.  Keamanan barang berharga
Biasanya, hotel memiliki sebuah safe deposit box di untuk menyimpan barang-barang berharga tamunya agar aman. Apabila Anda hendak menggunakan fasilitas ini, jangan segan untuk menanyakan kepada petugas apakah fasilitas tersebut dikenakan biaya.

Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk Anda. Selamat berlibur.
(Sumber: Kiplinger)

No comments:

Post a Comment