Wednesday, February 17, 2016

Awas, Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi Adalah Gejala Penyakit-penyakit Mematikan Ini

Apakah gusi Anda sering berdarah ketika Anda sedang menggosok gigi? Apabila ya, maka Anda harus waspada terhadap gangguan tersebut. Karena gusi yang berdarah mengindikasikan berbagai gangguan kesehatan yang serius.

Gusi yang sehat mencerminkan bahwa kondisi kebersihan mulut Anda baik. Gusi berdarah biasanya disebabkan peradangan oleh plak, tapi ini bisa menjadi salah satu tanda penyakit serius.

gusi erdarah
Mulai kini, perhatikanlah apakah gusi Anda berdarah saat menggosok gigi

Berikut beberapa masalah penyakit serius yang bisa diindikasikan melalui perdarahan pada gusi, khususnya saat Anda sedang menggosok gigi:

1.Diabetes
Diabetes dan penyakit periodontal termasuk radang gusi memiliki hubungan yang kuat karena gusi berdarah biasanya merupakan gejala awal diabetes. Menjaga kadar gula darah hampir tidak mungkin bila ada penyakit perdarahan gusi yang aktif. Diabetesi harus serius menjaga kesehatan mulut untuk menghindari infeksi mulut dan masalah mulut lainnya.

2. Trombositopenia
Trombositopenia adalah kondisi yang didefinisikan sebagai kurangnya trombosit dalam darah sehingga menyebabkan perdarahan di jaringan gusi dan pembekuan darah yang lambat setelah luka. Jika Anda memiliki trombositopenia atau trauma minor, maka Anda amat rentan mengalami gusi berdarah.

3. Leukemia
Tidak banyak yang tahu bahwa salah satu tanda-tanda pertama dari leukemia adalah gingivitis atau gusi berdarah. Sel-sel leukemia yang masuk ke gusi memicu hemoragik yang memerlukan perhatian segera. Jika Anda telah menjaga kebersihan mulut yang baik dan pendarahan gusi masih berlanjut lebih dari seminggu, segera temui dokter.

4. HIV
Sebanyak 90% pasien HIV-positif dapat mengalami setidaknya satu gangguan pada mulutnya, termasuk gusi berdarah karena periodontitis atau gingivitis. Sementara gusi berdarah bukan tanda peringatan HIV, tetapi itu pertanda bahwa Anda perlu mengobati infeksi ini lebih serius.

Oleh karena itu, apabila Anda mengalami gusi berdarah, bukan berarti Anda kekurangan vitamin C. Segeralah memeriksakan kesehatan Anda ke klinik kesehatan terdekat.
(thehealthsite.com)

No comments:

Post a Comment