Monday, April 18, 2016

Gara-gara Mengemudi Jaguar Terlalu Pelan, Mahasiswi Cantik Ini Dihukum Pengadilan

Sebuah kasus berkendara yang cukup unik terjadi di Inggris dan melibatkan seorang mahasiswi asal China yang akhirnya dihukum tidak boleh lagi mengendarai mobil di Inggris.

Mahasiswi cantik asal China berusia 23 tahun yang kaya raya tersebut bernama Dongfang Jiao. Apa yang membuat mahasiswi berparas elok ini sampai mendapat hukuman demikian? 

Jaguar S-Type
Jaguar S-Type milik Dongfang Jiao

Usut punya usut, ternyata gadis yang melanjutkan studinya di Inggris ini mengemudikan mobil mewahnya, Jaguar S-Type, terlalu pelan di jalan tol di Stirling. Akibat ulahnya ini, lalu lintas di lokasi menjadi macet panjang. Bukan cuma itu, cara mengemudinya dianggap juga bisa membahayakan para pengguna jalan tol lainnya.

TKP Dongfang Jiao Mengemudi Jaguar S Type
TKP tempat Dongfang Jiao mengemudikan mobil Jaguar S Typenya dengan terlalu pelan dan sembrono 

Peristiwa ini sebenarnya terjadi pada 10 November 2015, namun hingga kini proses hukumnya masih berjalan. Kasus ini bisa sampai pengadilan karena ada pengguna jalan lain yang melaporkan Jiao ke polisi atas tuduhan membuat jalan macet dan mengemudi secara serampangan.

Menurut para saksi mata, Jiao mengemudikan mobil Jaguar-nya dengan kecepatan rendah di jalur cepat (offside lane). Perbuatan Jiao ini mau tak mau memaksa para pengendara lain menyalipnya dari sisi kiri (center lane). Bukan itu saja, Jiao juga mengemudikan kendaraannya secara zigzag hingga masuk jalur tengah dan nyaris menabrak mobil lain.

Itu saja? Ternyata masih belum cukup!

Jaio juga menyalakan lampu sein, namun tidak sesuai arah belok mobil. Jiao menyalakan sein kiri, tapi belok ke kanan. Tentu saja hal ini juga membahayakan para pengguna jalan tol lainnya.


Di mobil itu Jiao ternyata tidak sendiri. Penumpang sempat menggantikannya duduk di balik kemudi. Mobil pun berjalan dengan normal. Lalu di perjalanan mereka berganti posisi lagi. Kejadian tersebut terulang lagi hingga menyebabkan kemacetan.

Jiao dinyatakan bersalah, namun hukumannya diperingan. Ia tidak boleh mengemudikan mobil selama tiga bulan di Inggris, tanpa harus membayar denda.

Dongfang Jiao
Dongfang Jiao memang benar-benar cantik

Sementara Sheriff William Gilchrist meminta Jiao tidak mengemudikan mobil lagi di Inggris, dan menyarankan menggunakan jasa sopir pribadi. "Saya kira dia tidak siap berkendara di Inggris. Saya pikir pengadilan seharusnya memaksa dia agar tidak berkendara di Inggris. Ia tidak cukup kompeten mengemudi mobil di jalan," kata William.

Mau tahu spesifikasi mobil Jaguar yang dikendarai oleh Jiao?

Jaguar S-Type merupakan mobil yang diproduksi terakhir pada 2008. Setelah itu, S-Type digantikan dengan XF. S-Type diproduksi dalam beberapa varian, namun yang populer mengusung mesin 3,0 liter, V6, dengan transmisi enam percepatan otomatis. Kecepatan maksimumnya 224 kilometer per jam.

No comments:

Post a Comment