Wednesday, September 14, 2016

Pernyataan Atlet Wanita Kulit Hitam Muslim Peraih Medali Olimpiade Bagi AS Mengenai Kehidupannya

Ketika di Indonesia masyarakat terpecah belah karena isu SARA, hal sebaliknya terjadi di Amerika Serikat, sebuah negara yang oleh sebagian besar masyarakat kita amat dibenci.

Di Maplewood, New Jersey, pada hari Sabtu 10 September 2016, ratusan warga berkumpul untuk memberi penghormatan kepada peraih medali perunggu Olimpiade Rio 2016, atlet anggar Ibtihaj Muhammad (31 tahun), seorang atlet Muslim Amerika pertama yang mengenakan jilbab kala bertanding di Olimpiade.

Ibtihaj Muhammad, wanita muslim peraih medali olimpiade
Ibtihaj Muhammad
"Saya tidak pernah merasa berbeda di sini," ujar Ibtihaj, putri pasangan detektif polisi dan guru, tentang tempat kelahirannya, Maplewood.

Maplewood, yang terletak 30 km sebelah barat New York dan berpenduduk sekira 24.000 orang memberi penghormatan kepada atlet ini melalui 'Hari Ibti' dengan parade dan perayaan lainnya.

Ibtihaj hadir berkalung medali perunggu dan mengenakan kaos Olimpade. Kepada kerumunan orang ia mengatakan, "Meskipun pada saat saya berada di jalanan dan bertanding anggar, bahkan ada yang mengatakan saya tidak diterima di sini, atau saya tidak boleh bertanding anggar karena saya perempuan, atau karena saya berkulit hitam, atau karena saya adalah seorang Muslim, saya ingin kalian semua tahu bahwa saya tidak pernah merasakan hal itu di kota ini..di rumah."
"Ini adalah sebuah kehormatan, tidak hanya mewakili kota kita dan negara bagian kita dan Amerika Serikat, namun untuk mewakili seluruh masyarakat yang selalu yakin terhadap saya dan kemampuan saya," katanya.

Ibti berharap dirinya dapat menjadi teladan bagi orang-orang yang merasa terbatasi dan inferior karena beberapa aspek jati diri mereka.

Ibtihaj Muhammad meraih medali perunggu cabang Anggar nomor Saber di Olimpiade Rio de Janeiro. Kini, Ibti yang mendadak tenar memanfaatkan ketenarannya ini untuk menegaskan bahwa seorang perempuan Muslim yang berjilbab dapat mewakili Amerika Serikat seperti halnya atlet-atlet lainnya.

Ia ingin menegaskan bahwa kesetaraan dijunjung di Negara Paman Sam ini.
(dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment