Thursday, December 1, 2016

Saking Cinta Indonesia, Mahasiswi Cantik Australia Ini Viral Karena Ciptakan dan Nyanyikan Lagu "Presiden Soekarno"

Saat ini, banyak generasi muda Indonesia yang bahkan tidak mengenal siapa itu Soekarno, founding father Republik Indonesia. Ironisnya lagi, Seventh News Service bahkan pernah menjumpai seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama yang mengira Soekarno-Hatta adalah 1 orang dan bukan 2 orang.

Nah, Sally Andrews, mahasiswi 22 tahun asal New South Wales, Australia, yang mendefinisikan dirinya sebagai 'hanya orang bule' rasanya menampar kita semua bahwa ternyata orang asing malahan lebih cinta dan lebih mengenal Indonesia daripada bangsa sendiri.

Sally Andrews
Sally Andrews dalam video musik berjudul "Presiden Soekarno" yang ia buat dan nyanyikan

Sally menciptakan sebuah lagu yang menjelaskan betapa besar hasratnya terhadap Indonesia di dalam lirik lagu 'Presiden Soekarno' yang ditulisnya dalam waktu hanya seminggu.

Lagu ciptaan gadis cantik ini seolah mengajak khususnya anak-anak muda Indonesia, maupun Australia, untuk tidak sekedar menjadi nasionalis, tetapi terus berjuang lewat pendidikan.
"Pendidikan adalah satu-satunya caranya untuk mencapai tujuan yang dibuat dirinya [Soekarno]. Membaca dan menulis tiap hari tiap malam. Menimba ilmu untuk mengerti lebih mendalam".
Soekarno muda digambarkan oleh Sally dalam lagunya sebagai sosok yang "cerdas di sekolah, pandai dengan debat... dengan hati yang hangat."
Sally mengaku setiap melihat foto-foto Soekarno membaca proklamasi, ia bertanya-tanya seberapa banyak keberanian yang diperlukan oleh Bapak Proklamator RI tersebut.

Lagu 'Presiden Soekarno' mengantarkan Sally meraih penghargaan dari ajang National Australia Indonesia Language Awards (NAILA) 2016. Kompetisi tahunan ini memberikan penghargaan bagi mereka yang sedang belajar dan ikut membantu pengembangan pengajaran bahasa Indonesia di Australia.

Kompetisi ini diikuti oleh para pelajar dari tingkat Sekolah Dasar sampai universitas yang masih belajar bahasa Indonesia, bahkan tingkat profesional.

Sally memenangkan penghargaan di kategori 'Wild Card' yang mengandalkan keahlian berbahasa Indonesia dalam bentuk penampilan, seperti tarian, bernyanyi, dan cabang seni lainnya.

Sally sudah belajar bahasa Indonesia selama sekitar empat tahun. Kemampuan bahasa Indonesia ini pun sudah memberikannya kesempatan mendapat beasiswa New Colombo Plan.
"[Saya] mengadakan perjalanan ke Flores, Maluku, Sulawesi, dan melalui Jawa... bertemu teman-teman banyak dari semua bagian kepulauan, dan bahkan mendapat pekerjaan sebagai penerjemah untuk sebuah firma hukum di Sydney," ujar Sally kepada Erwin Renaldi dari Australia Plus.

Lagu "Presiden Soekarno" yang dinyanyikan oleh Sally bisa disimak di bawah ini:



Kini, mahasiswa tingkat akhir dari jurusan hukum di University of Sydney juga sedang menimba ilmu di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

(Kompas, Australia Plus)

No comments:

Post a Comment