Wednesday, March 8, 2017

Begini Cara Mendapatkan Penawaran Harga Kamar Hotel Paling Murah

Bagi para traveller, akomodasi atau tempat menginap merupakan masalah krusial yang sering menjadi beban pikiran saat hendak berwisata. Terlebih lagi apabila merupakan traveller backpacker.

Rasanya susah-susah gampang mencari kamar hotel "bertarif bagus bagi kantong" yang "bagus untuk ditinggali". Oleh karena itu para traveller kerapkali direpotkan dengan masalah reservasi hotel.

Puri Artha Hotel
Ilustrasi kamar hotel twin bed (photo: Agoda)

Reservasi atau booking kamar hotel bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti langsung datang ke hotel, menelepon hotel secara langsung atau memesan lewat internet alias online booking dengan berbagai aplikasi pemesanan online..

Dari semua cara pemesanan hotel tersebut, ada cara yang diklaim atau memberikan harga yang termurah bagi para traveller.

"Ada persepsi di pasaran kalau harga online lebih murah dari pada travel company. Hotel punya rate parity mengontrol harga jual kamar mereka di harga tertentu," kata Presiden Direktur PT Bayu Buana Tbk., Agustinus Pake Seko saat acara jumpa pers Bayu Buana Fabulouss Journey di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Selasa 7 Maret 2016.

Rate parity tersebut membuat hotel menjadi lebih hati-hati untuk memberi harga untuk online travel agent. "Karena jika harganya dijual lebih murah lagi, harga (kamar) akan turun," kata Agustinus.

Sebaliknya, cara mendapatkan harga termurah adalah dengan melakukan pembelian secara offline atau langsung di agen perjalanan.

"Kalau di perusahaan wisata itu harganya wholesaler. Karena ada wholesaler contract (kontrak dengan pembelian partai besar). Kalau lagi travel fair kadang orang kaget harganya bisa lebih murah," demikian bocoran yang disampaikan Agustinus.

Menurutnya Agustinus, harga kamar hotel di travel fair bisa lebih murah sekitaran 30-40% dari harga biasa (published rate). Walaupun demikian, harga wholesaler menurut Agustinus tak berlaku bagi pembelian di situs agen perjalanan, sekalipun agen perjalanan konvensional.


Sebab pada situs agen perjalanan tersebut juga diberlakukan rate parity. Jadi cara terbaik mendapatkan harga kamar terbaik adalah datang langsung ke kantor agen perjalanan.

Semoga bermanfaat.
(dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment